....Selamat Datang Di Blog Wasbitnak, Menuju Wasbitnak Profesional ....Selamat Datang Di Blog Wasbitnak, Menuju Wasbitnak Profesional....

Rabu, 08 Oktober 2014

Apresiasi Perbibitan Ternak 2014



APRESIASI PERBIBITAN TERNAK
 “MENULIS KTI YANG BAIK DAN BENAR”
Oleh : Dani Kusworo*


Pendidikan dan pelatihan sangat diperlukan oleh seorang pegawai untuk membekali mereka sebelum menjalankan tugas-tugasnya, diantaranya diklat dasar fungsional, diklat teknis dan diklat lainnya yang mendukung. Selain itu, untuk mengasah ketajaman berpikir, kemampuan menganalisis masalah dan bertindak cepat dalam melaksanakan tugas yang diembannya maka seorang pegawai harus memiliki pengalaman dilapangan. Pengalaman tersebut dapat diperoleh melalui: magang di UPT Perbibitan, tugas dinas dilapangan dan keterlibatannya kepada peternakan diwilayah kerjanya.
Pegawai  yang profesional harus menjadi agen perubahan dan pembaharuan sosial di lingkungan kerja dan masyarakat, khususnya bidang perbibitan ternak, sebagai organisator dan fasilitator pembelajaran masyarakat ternak, bertanggungjawab secara profesional dan terus menerus meningkatkan kompetensi /kecakapan baik substansive metodologis maupun sosial melalui pendidikan teknis/ fungsional.
Seorang Pegawai haruslah memiliki keberanian, kemauan dan kemampuan. Berani menyampaikan ide, berkata benar, bertindak cepat. Mau untuk maju, untuk berubah kearah yang lebih baik lagi, mau untuk belajar. Mampu dalam hal keilmuan yang mumpuni, pengetahuan yang luas, dan analisis yang mampu membaca masalah dan dapat menyelesaikan masalah dengan cepat dan benar.
Sebagai salah satu langkah dalam meningkatkan profesionalisme pegawai yaitu dengan melaksanakan Program Apresiasi Perbibitan Ternak. Program ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan baik antara pegawai  dengan pimpinan, atau antara pegawai dan juga bisa saling bekerjasama dengan baik disamping meningkatkan kompetensi pegawai. Salah satu acara dalam program Apresiasi Perbibitan adalah seminar tentang cara penulisan Karya Tulis Ilmiah yang baik dan benar.
Pada kesempatan ini, narasumber seminar adalah Prof. Muladno Basar, beliau adalah guru besar di Fakultas Peternakan IPB. Pengalaman beliau sangat banyak dalam menulis karya ilmiah, sehingga saat ini beliau banyak mengeluarkan tulisan akademik terkait peternakan, baik jurnal ilmiah maupun buku. Selain itu tulisan ilmiah populer beliau banyak diterbitkan di surat kabar terkemuka dan majalah peternakan nasional.
Perjalanan beliau sampai menjadi seorang penulis yang handal sungguh sangat panjang, dan berat, karena Prof Muladno merasa mampu menulis dengan baik dan benar adalah saat beliau sebagai seorang mahasiswa S3. Beliau menyampaikan bahwa menulis adalah bukan hanya bakat, tapi juga bisa dipelajari, yang penting saat kita punya inspirasi tulisan, harus segera dicatat, dicatat dan dicatat. Prof Muladno menyampaikan pula bahwa sebenarnya kita sebagai pegawai Direktorat Perbibtan Ternak pasti lebih banyak memiliki berita-berita yang terbaru, yang itu semua bisa menjadi bekal dalam menulis. Misal dalam mengikuti rapat, pasti berita terbaru tentang perbibitan maupun peternakan secara luas dimiliki oleh pegawai, hal ini bisa menjadi sebuah tema dalam tulisan, yang terpenting adalah bisa membedakan tema tersebut sebuah rahasia negara, ataupun tema tersebut bisa menjadi konsumsi publik.
Dalam seminar tersebut, Prof Muladno menyampaikan materi yang diambil dari Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bagi Pejabat Fungsional Rumpun Ilmu Hayat Lingkup Pertanian  yang merupakan lampiran dari Permentan nomor 34 tahun 2011. Beliau menyampaikan materi jenis dan bentuk karya tulis ilmiah, dan kaedah penulisan.
Pada kesempatan seminar tersebut, peserta sangat antusias mengikutinya, dengan memberikan banyak pertanyaan-pertanyaan terkait dengan penulisan ilmiah. Pesan Prof. Muladno dalam menulis ilmiah yang baik dan benar adalah, kita harus mengutamakan kejujuran, tidak boleh melakukan plagiat, dan banyak membaca, karena seorang penulis akan lebih banyak inspirasi dengan membaca. Dan yang utama adalah, mulai dari sekarang, catat apapun inspirasi tulisan kita dan segera mulai menulis, jangan ditunda-tunda lagi.

* Pengawas Bibit Ternak

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar