....Selamat Datang Di Blog Wasbitnak, Menuju Wasbitnak Profesional ....Selamat Datang Di Blog Wasbitnak, Menuju Wasbitnak Profesional....

Jumat, 21 Maret 2014

Bimtek Public Speaking Wasbitnak





SALAM WASBITNAK............. 

Jabatan fungsional Pengawas Bibit Ternak adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggungjawab dan wewenang untuk melakukan kegiatan pengawasan bibit ternak yang diduduki oleh PNS. Dalam rangka pengawasan benih dan bibit ternak, Wasbitnak memiliki tugas, menyiapkan, melaksanakan, mengembangkan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan pengawasan bibit ternak. Pengawas Bibit Ternak dalam menjalankan tugasnya harus memegang kode etik Wasbitnak. Kode etik Wasbitnak meliputi : kewajiban umum, kewajiban Wasbitnak terhadap benih dan bibit ternak dan pelanggan, kewajiban Wasbitnak terhadap teman sejawat, dan kewajiban terhadap diri sendiri.
Pendidikan dan pelatihan sangat diperlukan oleh seorang Wasbitnak untuk membekali mereka sebelum menjalankan tugas-tugasnya, diantaranya diklat dasar Wasbitnak, bimbingan teknis Wasbitnak, diklat inseminator, diklat pemeriksaan kebuntingan, diklat selektor, diklat PPNS dan diklat lain yang mendukung. Selain itu, untuk mengasah ketajaman berpikir, kemampuan menganalisis masalah dan bertindak cepat dalam dalam melaksanakan tugas yang diembannya maka seorang Wasbitnak harus memiliki pengalaman dilapangan. Pengalaman tersebut dapat diperoleh melalui: magang di UPT Perbibitan, tugas dinas pengawasan dilapangan dan keterlibatannya kepada peternakan diwilayah kerjanya.
Wasbitnak yang profesional harus menjadi agen perubahan dan pembaharuan sosial di lingkungan kerja dan masyarakat, khususnya bidang perbibitan ternak, sebagai organisator dan fasilitator pembelajaran masyarakat tani, bertanggungjawab secara profesional dan terus menerus meningkatkan kompetensi /kecakapan baik substansive metodologis maupun sosial melalui pendidikan teknis/ fungsional. Peran peran ini harus dimiliki oleh seorang Wasbitnak. Seorang Wasbitnak haruslah memiliki keberanian, kemauan dan kemampuan. Berani menyampaikan ide, berkata benar, bertindak cepat. Mau untuk maju, untuk berubah kearah yang lebih baik lagi, mau untuk belajar. Mampu dalam hal keilmuan yang mumpuni, pengetahuan yang luas, dan analisis yang mampu membaca masalah dan dapat menyelesaikan masalah dengan cepat dan benar.
Sebagai salah satu langkah dalam meningkatkan profesionalisme wasbitnak yaitu dengan melaksanakan Bimbingan Teknis Public Speaking. Program ini bertujuan untuk menghasilkan Pengawas Bibit Ternak yang mampu menjadi pembicara yang handal, professional dan punya daya saing tinggi.  Dengan tema Public Speaking, Sarana Melejitkan Potensi Pengawas Bibit Ternak diharapkan kedepanya Wasbitnak akan: 
1.         Meningkatkan kepercayaan diri Pengawas Bibit Ternak 
2.   Meningkatkan kemampuan dalam menyampaikan ide/pemikiran kepada orang banyak dengan efektif dan respektif. 
3.  Meningkatkan keterampilan dalam berkomunikasi secara efektif dan efisien. 
4.         Meningkatkan kemampuan membuat bahan presentasi yang baik
Marilah kita sebagai seorang Wasbitnak lebih memiliki peran untuk mengatasi permasalahan yang ada, untuk menjadi bagian dari profesi peternakan yang profesional, untuk terus maju, berkembang, memajukan perbibitan ternak Indonesia.  Segeralah Bangun dari tidurmu dan bergeraklah... wahai Wasbitnak
 
WASBITNAK...... JAYA

(kang yude, masdani, b mia)

2 komentar:

  1. Salam wasbitnak..
    Kami dari daerah (Kab.Bangka) mau cari info periode Dikdas.
    Apakah dalam waktu dekat ada plan pelaksanaan.
    Demikian
    Jaya lah wasbitnak

    BalasHapus
  2. Pak Muhammad Zein, apa saya bisa minta no contaknya..? dan mohon di email ke wasbitnakpkh@gmail.com
    Salam...

    BalasHapus